Configuration of Surya’s PC

CONFIGURATION OF SURYA’S PERSONAL COMPUTER

Komputer tersebut adalah jenis komputer Pentium 4, yang mungkin secara umum terdiri dari beberapa bagian, diantaranya seperti General, Graphics dan Input, dengan spesifikasi masing-masing sebagai berikut:

1. GENERAL

a. Processor

Processor pada PC tersebut berjeniskan Intel® Celeron® CPU 1.70GHz.

b. Memory

PC ini meliki memori sebesar 992 MB, dengan mainboard MICRO-STAR INTERNATIONAL CO., LTD P4M266-8233.

2. GRAPHICS

a. Monitor

Monitor pada PC tersebut bejeniskan Plug and Play Monitor, dengan merk Samsung sebagai perusahaan yang memproduksinya. Mungkin diantara kita sudah banyak yang mengetahui apa fungsi monitor tersebut, tetapi bukan tidak mungkin diantara kita juga masih ada atau bahkan banyak yang belum mengetahui mengenai fungsi atau kegunaannya. Oleh karena disini akan dijelaskan sedikit mengenai sejarah dan fungsi monitor, insya Allah Ta’ala.

Monitor komputer merupakan sejenis peranti persisian output yang berupaya memaparkan aksara dan/atau image, baik diam atau bergerak, yang dijanakan oleh komputer dan diproseskan oleh kad grafik. Tedapat empat jenis Monitor, yaitu Monitor monokrom, Monitor warna, Monitor segerak berbilang, dan Monitor ELD (Electro Luminescent Display). Setiap Monitor mempunyai ciri-ciri dan sejarah tersendiri. Mutu Monitor tergantung kepada beberapa faktor. Yang terutama ialah bilangan pixel yang dipaparkan oleh screennya; lebih banyak pixelnya, lebih tajamnya teks dan grafik yang dipaparkan.

Pada awalnya semua monitor adalah dari jenis CRT sama seperti yang digunakan pada tube televisi, namun kini monitor jenis LCD semakin digemari kerana monitor LCD menggunakan ruang yang kecil, ringan serta lebih menjimatkan tenaga elektrik berbanding monitor CRT.

Sejarah Monitor

Istilah “mod paparan” merujuk kepada ciri-ciri paparan komputer, khususnya bilangan warna maksimum dan peleraian image maksimum (dalam pixel lintang dan pixel lajur). Terdapat banyak mode paparan yang bisa di dapati dalam sistem komputer peribadi pada hari ini.

Paparan komputer peribadi yang terawal merupakan Monitor monokrom yang digunakan untuk pemproses kata dan sistem komputer berdasarkan teks pada tahun 1970-an. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan sistem paparan Penyesuai Grafik Warna (CGA). Sistem paparan ini berupaya memberikan empat warna, dan mempunyai peleraian maksimum 320 pixel datar dan 200 pixel tegak. Walaupun CGA mencukupi untuk kegunaan permainan komputer yang mudah seperti permainan solitaire dan permainan dam, ia tidak mencukupi untuk pemprosesan kata, penerbitan atas meja ataupun penggunaan grafik yang canggih.

Pada tahun 1984, IBM memperkenalkan sistem paparan Penyesuai Grafik Tertingkat (EGA) yang dapat memberikan 16 warna yang berlainan dan peleraian sehingga 640 x 350. Ini memperbaiki kelihatannya berbanding paparan yang lebih awal, dan memungkinan pembacaan teks dengan mudah. Bagaimanapun, EGA tidak memberikan peleraian image yang mencukupi untuk kegunaan-kegunaan tahap tinggi seperti reka bentuk grafik dan penerbitan atas meja. Mode ini kini sudah usang, walaupun kekadang masih bisa didapati di pemprosesan lama dan komputer peribadi di rumah kediaman.

Pada tahun 1987, IBM memperkenalkan sistem paparan Tatasusunan Grafik Video (VGA). Kini, ini merupakan piawai minimum yang dapat diterima untuk komputer peribadi. Peleraian maksimum tergantung kepada bilangan warna yang dipaparkan. Pengguna boleh memilih antara enam belas warna pada 640 x 480, ataupun 256 warna pada 320 x 200.

Pada tahun 1990, IBM memperkenalkan sistem paparan Tatasusunan Grafik Terluas (XGA) sebagai waris untuk paparan 8514/A. Versi yang berikut, iaitu XGS-2, memberikan peleraian 800 x 600 pixel dalam warna yang benar (16 juta warna) dan peleraian 1024 x 768 dalam 65,536 warna. Kedua tahap peleraian image ini mungkin merupakan jenis yang terpopuler di kalangan individu dan perniagaan kecil pada saat ini.

Baru-baru ini, spefikasi-spefikasi baru telah muncul. Ini termasuk Tatasusunan Grafik Terluas Super (SXGA) dan Tatasusunan Grafik Terluas Ultra (UXGA). Spesifikasi SXGA biasa digunakan untuk merujuk kepada screen yang mempunyai peleraian 1280 x 1024; UXGA merujuk kepada peleraian 1600 x 1200. Pada saat ini, spesifikasi yang lama (VGA and SVGA) sering digunakan untuk rujukan.

b. Video Card

Pada PC tersebut memiliki video dengan jenis S3 Graphics ProSavage DDR (Microsoft Corporation). Arti istilah video card dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut:

Kartu Video. Komponen ini digunakan untuk mentransfer data sehingga dapat ditampilkan pada monitor. Video card saat ini biasanya mempunyai kemampuan untuk menampilkan gambar 3D (3 dimensi), walaupun kemampuan ini biasanya hanya dibutuhkan dalam bermain game.

c. Mode

PC ini memilki mode 1024X768 with 32 bit color depth.

3. INPUT

a. Mouse

PC ini memilki mouse (HID-compliant mouse) sebagai salah satu salah input. Sedikit penjelasan mengenai mouse:

Mouse merupakan salah satu input media yang sangat populer pada akhir-akhir ini. Pengertian mouse bisa diartikan dengan tetikus, dimana dengan adanya mouse, maka kursor (titik kecil yang berkedip pada layar, yang menandakan suatu posisi pada layar monitor) yang terdapat pada layar monitor dapat digerak-gerakkan seperti halnya gerak seeokor tikus, yaitu ke samping, ke bawah, miring, melingkar atau kemana saja seperti yang dikehendaki oleh para pemakai komputer.

Dengan adanya konsep user-friendly (komputer semakin mudah untuk digunakan oleh para pemakai) pada komputer, maka pemakaian mouse menjadi semakin populer, dimana pemakaian mouse dipopulerkan oleh Apple Macintosh. Pada mouse terdapat tombol yang bisa ditekan, juga bola yang akan bergerak mengikuti arah gerakan mouse. Gerakan pada bola yang kemudian dikonversikan dengan koordinat x-y ini, menyebabkan adanya denyut listrik yang terkirim kepusat komputer, dan dengan demikian, kursor bisa bergerak sesuai dengan gerakan bola.

Dengan adanya mouse ini, pemakai komputer bisa secara tepat menempatkan kursor pada titik yang dikehendaki untuk kemudian digerak-gerakkan sesuai dengan arah yang dikehendaki. Pemakai komputer akan sangat terbantu dengan adanya mouse ini, terutama pada saat membuat grafik ataupun membuat gambar pada layar monitor.

b. Keyboard

PC ini memilki keyboard (HID Keyboard Device) sebagai salah satu alat input.

Dari hasil penglihatan dapat disimpulkan bahwa PC tersebut memiliki memori RAM yang ukurannya sebesar 1 GB, processor Intel Celeron 1.7, menggunakan Bios Phoenix – Awardbios v6.00PG, motherboard yang menggunakan VIA tipe p4M266-8266, VGA Card S3 Graphoc PeoSavage DDR [dengan jumlah memori VGA sebesar 32 MB], dan menggunakan Souncard VIA AC’97.

Disini akan sedikit diterangkan menganai cara atau metode untuk melihat konfigurasi atau spesifikasi tersebut. Diantaranya:

  • Klik Menu Start pada desktop.
  • Pilih Run.
  • Setelah muncul tampilannya ketik dxdiag pada kolom yang tersedia.
  • Setelah itu akan muncul tampilan (jendela) untuk melihat spesifikasi beberapa device PC yang kita gunakan.

Atau bisa menggunakan software seperti TuneUp Utilities.

Maka kita dapat melihat beberapa spesifikasi PC yang sedang kita gunakan, insya Allah Ta’ala.

__________________________________________

Sumber pendukung:

http://www.duniagus.blogspot.com

http://www.total.or.id

http://www.kuliah.dinus.ac.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: